Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ikan Gurame dan Keuntungannya

Siapa bilang bisnis harus selalu tentang barang-barang bermerek. Jika Anda tekun, bisnis budidaya atau ternak ikan juga bisa menguntungkan. Anda juga harus tahu terlebih dahulu bagaimana peluang, rincian biaya untuk modal serta serta keunggulan dari beternak ikan ini, seperti salah satunya adalah usaha ternak ikan gurame.

Beternak ikan merupakan salah satu jenis bisnis yang saat ini cukup menjanjikan. Selain untuk kebutuhan konsumsi sendiri, bahkan saat ini sudah mencapai pasar ekspor. Tidak heran jika kemudian banyak yang memilih melakukan bisnis budidaya atau beternak ikan ini.

Bisnis budidaya atau ternak ikan gurame sendiri bukanlah jenis bisnis baru. Bisnis ini sudah ada sejak lama dengan peluang yang juga sama-sama besar. Apalagi saat ini semakin besar dengan adanya permintaan ekspor yang cukup banyak. Penjelasan tentang usaha ternk ikan gurame berikut akan membantu Anda sebelum mulai menjalankannya.

Rincian Biaya untuk Modal Beternak Ikan Gurame
Bisnis beternak ikan terkenal menjadi bisnis yang tidak membutuhkan modal yang banyak namun peluang dan keuntungan yang bisa dihasilkan justru tak bisa dianggap remeh. Sama juga dengan ketika Anda memilih bisnis atau usaha ternak ikan gurame. 
usaha ternak ikan gurame, usaha ternak gurame, ternak ikan gurame, ternak gurame, bisnis ikan gurame, bisnis gurame, gurame, ikan gurame, modal usaha ternak gurame

Pada dasarnya, menjalankan bisnis ikan konsumsi tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Apalagi jika sebelumnya Anda sudah memiliki lahan untuk beternak sendiri, biaya modal juga jadi bisa lebih ditekan. Nah, seperti di bawah ini adalah rincian biaya modal yang harus Anda keluarkan jika ingin memulai bisnis ternak ikan gurame Anda sendiri.

1. Kolam Tanah
Salah satu modal paling penting yang harus dimiliki untuk menjalankan bisnis ternak atau usaha ternak ikan gurame adalah kolam tanah. Kolam tanah ini adalah media beternak yang harus disediakan jika ingin memulai menjalankan bisnis ini.

Ukuran kolam tanah yang harus disediakan juga cukup luas karena selain digunakan untuk lahan pembibitan juga digunakan sebagai tempat pembesaran. Ukuran kolam tanah yang umumnya digunakan adalah 8m x 10m x 1m.

Jika Anda sudah memiliki kolam tanah ini akan sangat menguntungkan karena bisa menekan biaya modal yang dibutuhkan. Namun jika tidak ada maka Anda harus menyiapkan budget modal mulai dari 25-50 juta rupiah untuk membeli kolam tanah ini. Harga ini bisa bervariasi tergantung di daerah mana Anda akan membuat kolam tanah tersebut.
usaha ternak ikan gurame, usaha ternak gurame, ternak ikan gurame, modal usaha ternak gurame, bisnis ikan gurame, bisnis ternak gurame, gurame, ikan gurame, gurami

2. Bibit Ikan Gurame
Modal lain yang tak kalah penting dalam menjalankan usaha ternak ikan gurame adalah bibit ikan. Bibit ikan ini adalah bakal atau calon dari ikan gurame yang akan dijual nantinya. Pemilihan bibit ikan terbaik akan mempengaruhi kualitas ikan hasil panen nantinya.

Anda tak perlu khawatir karena biasanya bibit ikan ini cukup mudah didapatkan. Hal ini karena biasanya akan ada petani yang secara khusus menjual bibit ikan gurame ini. Harga bibitnya bervariasi tergantung jenis ikan gurame yang Anda inginkan.

Namun secara umum, harga bibit ikan gurame yang dijual di pasaran adalah 2000 rupiah per ekor bibit. Untuk beternak ikan gurame ini, Anda setidaknya membutuhkan 1600 ekor bibit. Maka biaya modal yang harus Anda keluarkan untuk bibit ini sekitar Rp 3.200.000 untuk sekali pembibitan.

3. Pelet atau Makanan Ikan
Selanjutnya yang juga Anda butuhkan adalah pelet atau pakan ikan. Pakan ikan ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan nantinya. Memilih pelet yang bernutrisi lebih dianjurkan untuk meningkatkan kualitas nutrisi serta perkembangan ikan. 
usaha ternak ikan gurame, bisnis ternak gurame, usaha ternak gurame, ternak gurame, bisnis gurame, modal ternak gurame, gurame, gurami, keuntungan ternak gurame

Untuk kebutuhan pelet ini Anda membutuhkan setidaknya 24 sak pelet. Dalam hal ini setiap 200 ekor ikan membutuhkan 3 sak pelet untuk makanannya. Jadi jika membuat 1600 bibit ikan, maka total pelet yang Anda butuhkan adalah 24 sak.

Masing-masing sak pelet biasanya dibandrol dengan harga Rp 210.000. Maka tinggal mengalikan saja untuk 24 sak pelet Anda membutuhkan setidaknya Rp 5.100.000 untuk membeli pelet ini. Anda bisa membeli pelet lebih jika memang dibutuhkan.

4. Obat-Obatan dan Nutrisi
Terakhir, selain pelet atau makanan ikan, hal lain yang harus disiapkan ketika membuat usaha ternak ikan gurame adalah nutrisi atau obat-obatan untuk ikan. Obat-obatan ini selain untuk mengatasi atau mencegah ikan agar tidak terserang virus penyakit.

Selain itu, tidak hanya untuk mencegah dan mengobati ikan yang mungkin terserang virus atau penyakit, ada pula obat-obatan berupa nutrisi yang harus diberikan kepada ikan sebagai suplemen tambahan untuk mendukung pertumbuhan ikan.

Jenis-Jenis Ikan Gurame Konsumsi untuk Dibudidaya
Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha ternak ikan gurame, maka hal lain yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu jenis ikan gurame apa saja yang banyak dibudidaya sebagai ikan konsumsi. Ada beberapa jenis ikan gurame yang potensial untuk dibudidaya dan menjanjikan potensi usaha yang cukup besar. 
bisnis ternak gurame, usaha ternak ikan gurame, ternak gurame, modal ternak gurame, keuntungan ternak gurame, ikan gurame, gurami, modal bisnis ikan gurame

Beberapa jenis ikan gurame berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang cukup potensial dan bisa memberikan peluang menjanjikan untuk dijadikan budidaya.

1. Gurame Angsa
Gurame jenis ini adalah gurame yang paling banyak dijadikan ikan budidaya atau menjadi ikan untuk usaha ternak Ikan gurame ini banyak diternakkan karena memang jenis ikan ini memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi.

Gurame yang juga dikenal dengan gurame soang ini bisa tumbuh hingga mencapai berat 700gr tiap ekornya dalam satu tahun usia ternak. Tak hanya kecepatan perkembangan, jika Anda menjadikan ikan ini sebagai indukan pun sangat produktif karena dalam sekali bertelur bisa menghasilkan hingga mencapai 7000 butir telur tiap satu induk.

2. Gurame Paris
Jenis ikan gurame selanjutnya yang banyak diternakkan adalah gurame paris. Gurame jenis ini banyak diternakkan juga karena memiliki tingkat produktivitas tinggi. Bisa dibilang tingkat produktivitas ikan gurame Paris ini hampir sama dengan ikan gurame angsa.

Ikan yang memiliki ciri-ciri waran dasarnya yang cerah serta memiliki bintik hitam di sekujur tubuhnya ini bisa tumbuh berat maksimal mencapai 1.5 kg per ekornya. Untuk telur yang dihasilkan oleh indukannya pun sangat banyak mencapai 6000 butir dalam sekali bertelur untuk satu indukan.
usaha ternak ikan gurame, modal ternak ikan gurame, bisnis gurame, modal usaha ternak gurame, ternak gurame, ikan gurame, gurame, keuntungan ternak gurame

3. Gurame Bastar
Jenis ikan gurame terakhir yang juga menjadi jenis favorit untuk usaha ternak ikan gurame adalah Gurame Bastar ini. Jenis ikan gurame memang tidak seperti jenis gurame sebelumnya yang mampu menghasilkan telur dalam jumlah banyak sekali bertelur.

Keunggulan yang dimiliki ikan ini untuk dijadikan ikan ternak adalah karena ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang tinggi terhadap serangan penyakit. Tak hanya itu saja, pertumbuhan ikan gurame jenis ini juga tergolong cepat. Karena itulah banyak dijadikan pilihan untuk ternak.

Keunggulan Usaha Ternak Ikan Gurame
Banyaknya peminat usaha ternak ikan gurame tentu bukannya tanpa alasan. Ikan konsumsi yang menjadi favorit masyarakat ini banyak memberikan peluang usaha bagi para peternaknya. Selain itu, ada banyak lagi keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan beternak ikan gurame ini.

1. Permintaan di Pasaran Cukup Tinggi
Keunggulan pertama yang akan Anda peroleh jika memutuskan untuk menjalankan bisnis ternak gurame adalah keuntungan yang terbilang tinggi. Hal tersebut karena di pasaran sendiri permintaan akan ikan gurame untuk kebutuhan konsumsi ini cukup tinggi.

Dengan peningkatan permintaan yang cukup tinggi, Anda pun bisa menjual ikan gurame lebih cepat dengan harga yang bersaing pula. Belum lagi jika ada permintaan dari pasar luar negeri. Hal ini tentu akan semakin menambah peluang keuntungan yang bisa didapatkan. 
modal usaha ternak gurame, usaha ternak ikan gurame, bisnis ikan gurame, modal ternak gurame, gurame, keuntungan bisnis gurame

Permintaan ikan gurame pasar luar negeri saat ini tak bisa dianggap remeh. Saking banyaknya permintaan pasar luar negeri ini, bahkan menjadikan ikan gurame salah satu komoditi ekspor yang cukup menjanjikan.

2. Angka Kematian yang Relatif Lebih Rendah
Jika Anda memutuskan untuk memulai beternak ikan gurame, maka Anda akan sangat diuntungkan. Terutama dengan karakteristik ikan yang memiliki daya tahan tubuh tinggi. Hal ini akan membuat angka kematian ikan relatif lebih rendah.

Daya tahan tubuh ikan yang cukup tinggi akan membuat ikan tidak mudah terserang penyakit dan cepat mati. Berbeda dengan jenis ikan lain yang lebih mudah mati ketika terserang penyakit. Hal ini akan membuat ikan bertahan hingga dewasa untuk kemudian siap panen.

3. Kebutuhan Pakan Lebih Sedikit
Faktor modal juga harus diperhatikan jika Anda memulai usaha ternak ikan gurame ini. Semakin banyak modal yang dikeluarkan tentu akan berpengaruh pada hasil atau keuntungan yang didapatkan. Nah, karena itu, memilih ikan gurame sebagai bisnis ternak akan mengatasi masalah tersebut.

Kebutuhan pakan ikan gurame bisa dibilang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis ikan lain. Karena itu jika kebutuhan pakan lebih sedikit akan bisa meningkatkan peluang keuntungan yang Anda dapatkan.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang usaha ternak ikan gurame, mulai dari rincian biaya untuk modal yang dibutuhkan, jenis ikan gurame yang banyak dibudidayakan untuk mendapatkan peluang tinggi serta keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan menjalankan bisnis ini. Dengan informasi ini semoga bisa memberikan referensi sebelum Anda memulai menjalankan bisnis ini.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter