6 Manfaat Pasar Modal bagi Masyarakat

Ketika berbicara mengenai dunia bisnis dan juga ekonomi, akan ada banyak sekali istilah yang seringkali kita temukan. Salah satunya adalah “pasar modal”. Istilah pasar modal bukan hanya sekedar istilah yang sulit untuk diaplikasikan atau diterapkan, namun ada juga lho manfaat pasar modal bagi masyarakat. Apa sih yang dimaksud dengan pasar modal? dan bagaimana efek yang diberikan kepada masyarakat luas, hingga rakyat dengan jumlah yang tidak sedikit. Dalam artikel berikut ini akan kita ulas secara lengkap.

Pengertian Pasar Modal
Apa sih yang dimaksud pasar modal? Bagi yang belum paham, pasar modal merupakan salah satu istilah dalam dunia bisnis, dimana pasar modal merupakan tempat bertemunya kedua belah pihak yaitu perusahaan emiten yang membutuhkan dana serta investor yang akan menanamkan dananya.

Menurut OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, pasar modal merupakan pihak yang akan melakukan penawaran dan yang kan pihak lain yaitu yang memiliki dana dan modal. Tujuannya agar bisa dikelola dengan baik. Penanam modal disebut sebagai investor. Emiten bisa berupa perusahaan, usaha bersama, kelompok, ataupun sebuah organisasi, asosiasi, dan juga perseorangan yang memiliki dana cukup besar untuk bisa diinvestasikan.

pasar modal, manfaat pasar modal, tujuan pasar modal, keuntungan pasar modal, pengertian pasar modal, kegunaan pasar modal, cara kerja pasar modal
Menurut InvestBro.Id, manfaat pasar modal bagi emiten adalah adalah adanya sokongan dana dengan nominal yang cukup besar yang dapat bermanfaat untuk pengembangan bisnis dan investasi. Lalu bagaimana dengan manfaat pasar modal bagi masyarakat? Dibawah ini kita akan bahas lebih detail.

Manfaat Pasar Modal bagi Masyarakat yang Jarang Diketahui


Apakah pasar modal sebenarnya dibutuhkan di tengah masyarakat? Nyatanya masih cukup banyak orang yang tidak paham. Apa sih manfaat pasar modal di tengah masyarakat khususnya di Indonesia. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1.Menyediakan Lapangan Kerja

Manfaat pertama tentu saja sangat menguntungkan untuk banyak masyarakat yaitu membantu untuk menyediakan lapangan kerja. Adanya pasar modal yang dapat berdiri dan juga menjadi sebuah bisnis raksasa, tentu saja melibatkan banyak orang. Sehingga sumber daya manusia yang ada di dalamnya ikut terlibat, untuk bisa meningkatkan kualitas ekonomi yang diinginkan membuka lapangan kerja ini.
pasar modal, keuntungan pasar modal, manfaat pasar modal, pengertian pasar modal, tujuan pasar modal, arti pasar modal

Tentu selain mengurangi adanya pengangguran meningkatkan nilai ataupun kualitas hidup yang dimiliki pada masyarakat di Indonesia. Hal ini juga berkaitan dengan pendapatan rutin yang bisa didapatkan setiap bulannya sebagai seorang karyawan. Jelas negara akan semakin makmur apabila angka pengangguran berkurang.

2. Memperbaiki Roda Perekonomian

Selanjutnya manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara langsung yaitu dapat merasakan adanya roda perekonomian yang berjalan dengan baik. Pasar modal dapat membantu menjalankan roda pemerintahan yang berdampak pada masyarakat. Maksudnya adalah dengan adanya pasar modal ini.

Maka perusahaan bisa memiliki pendapatan yang cukup tinggi dan juga bisa mengekspansi atau memperluas bisnis yang ada semakin besar perusahaan. Semakin maju ekonominya tentu hal tersebut berbanding lurus. Dengan pendapatan yang didapatkan oleh masing-masing masyarakat yang akan semakin meningkatkan. Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi beberapa negara maju seperti Amerika, Jepang, Korea Selatan, Inggris dan lain sebagainya.

3. Mempermudah Kebutuhan Masyarakat

Saat berbicara mengenai perusahaan yang digunakan untuk mengelola dana ataupun biaya investasi yang telah diberikan. Sebenarnya bisa dialokasikan dalam bentuk bisnis apapun. Termasuk salah satunya kebutuhan mendasar masyarakat. Indonesia yang semakin hari cukup beragam.
manfaat pasar modal, keuntungan pasar modal, pasar modal, arti pasar modal, kegunaan pasar modal, pengertian pasar modal

Misalnya saja sebuah perusahaan memutuskan untuk mendirikan pabrik untuk bisa memproduksi deterjen. Hal ini mungkin dirasa sangat menguntungkan bagi sisi bisnis dan juga penanam saham. Tetapi tidak bisa dipungkiri, bahwa sebenarnya adanya pabrik deterjen ini mempermudah masyarakat Indonesia, untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih mudah.

4. Belajar Investasi

Siapa bilang masyarakat yang bisa mengikuti pasar modal hanyalah mereka yang memiliki uang miliaran saja? faktanya banyak masyarakat di era milenial ini yang memutuskan untuk mempelajari dunia bisnis. Agar mereka bisa berinvestasi dan mengelola kekayaan dengan baik.

Salah satunya dengan mengikuti investasi saham ataupun berbagai jenis pasar modal lainnya. Walaupun ada resiko kerugian, jelas jika dijalankan dengan hati-hati dan seksama maka dapat menikmati keuntungan seiring berjalannya waktu. Selain itu, dengan belajar pengelolan uang jelas akan membantu masyarakat untuk bisa mengalokasikan dana dengan tepat.

5. Sarana Menabung

Selanjutnya, manfaat pasar modal bagi masyarakat yakni sarana untuk menyimpan uang atau menabung. Sudah bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Indonesia kesulitan untuk membantu untuk menyimpan dana dengan berbagai tujuan. Mulai dari simpanan dana, pengelolaan harta untuk masa tua, pendidikan anak dan lainnya. Bahkan banyak yang mengaku bahwa mereka seringkali membuang uang hanya untuk membeli barang yang tidak penting.
pengertian pasar modal, manfaat pasar modal, kegunaan pasar modal, keuntungan pasar modal, pasar modal, arti pasar modal

Adanya pasar modal ini jelas membantu masyarakat untuk sadar bahwa menyimpan uang bukan hanya menguntungkan. Namun jika dikelola dengan tepat akan menghasilkan manfaat yang besar. Apalagi masuk ke dalam investasi yang menguntungkan. Tetapi ingat, waktunya tidak singkat ya teman-teman.

6. Mempengaruhi Kebijakan Pemerintah

Tahukah anda bahwa sebenarnya kebijakan pemerintah bisa menjadi jembatan antara perjanjian antara emiten dan investor? Hal ini jelas penting karena pada umumnya dengan adanya kebijakan maka aturan lebih mudah untuk diikuti dan menghindari adanya pihak yang dirugikan. Salah satunya adalah kebijakan fiskal, ekspor dan impor dan kebijakan lainnya yang berkaitan dengan dunia bisnis.

Adanya perusahaan yang mendapatkan modal dari pasar modal yang menjanjikan, menjadikan suatu perusahaan akan berusaha untuk mengelola dana lebih baik. Bisnis akan berkembang lebih bagus disertai dengan sumber daya yang meningkat serta produk yang terpasarkan dengan baik. Itulah deretan manfaat yang bisa dirasakan dari pasar modal bukan hanya dari sisi investor atau emiten dan pemerintah, tetapi masyarakat luas di Indonesia.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter