12 Tips Bisnis Sedot WC buat Pemula yang Mudah hingga Berhasil

Mungkin bagi sebagian orang peluang bisnis sedot WC sangat menjijikkan. Namun bagi sebagian yang lain peluang usaha sedot wc bisa memberikan penghasilan yang lumayan besar setiap bulannya. Bisnis sedot wc menjadi marak dan populer saat ini seiring dengan banyaknya kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi terhadap jenis bisnis jasa ini. Ketika WC buntu atau mampet maka menggunakan perusahaan jasa sedot WC menjadi pilihan tepat.

12 Tips Bisnis Sedot WC buat Pemula yang Mudah hingga Berhasil
Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis sedot wc dan tinja yang sangat menguntungkan, berikut ini 12 tips bisnis sedot wc buat pemula yang mudah hingga berhasil, antara lain:

1. Lokasi strategis
Untuk membuka usaha jasa sedot wc memerlukan lokasi usaha yang strategis. Seperti di pinggir jalan raya atau di sekitar permukiman yang padat penduduk.
usaha sedot wc, bisnis sedot wc, bisnis sedot tinja, usaha sedot tinja, mobil sedot wc, tips bisnis mobil sedot wc, truk

2. Mempersiapkan modal usaha sedot wc
Untuk membuka usaha jasa sedot wc dan tinja tentu memerlukan biaya modal usaha. Berikut ini modal usaha membuka bisnis sedot wc dari awal hingga berdiri, antara lain:

▪ Modal Investasi
Untuk modal investasi meliputi penyediaan mobil tangki sedot wc dan truk sedot wc. Harga mobil dan truk sedot tinja dan wc bekas dikisaran Rp 60 juta. Anda bisa membeli mobil sedot wc di para pengusaha bisnis sedot wc yang jual tangki sedot wc.

▪ Modal Operasional
Modal operasional meliputi gaji karyawan, biaya promosi, pemasangan iklan, pembagian brosur, pemasangan pamflet, spanduk dll.

▪ Modal Nekat
Bisnis sedot wc dan tinja setiap hari bergelut dengan kotoran. Sehingga dibutuhkan sikap nekat dan tak merasa jijik dengan kotoran dan limbah. Apalagi jika selang sedot wc mengalami kebocoran. Maka anda harus membersihkannya tanpa merasa jijik.

3. Promosi usaha yang gencar
Promosi usaha yang masif sangat penting bagi perkembangan bisnis sedot wc.  Sehingga bisnis sedot wc yang anda jalani bisa dikenal banyak orang dan mendapatkan banyak konsumen. Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk melakukan promosi bisnis sedot wc yaitu pemasangan iklan sedot wc di tiang listrik. Atau anda memasang pamflet di lokasi strategis seperti pinggir jalan yang ramai. Pastikan pamflet yang dipasang sesuai aturan dan berpenampilan sangat menarik disertai nomor telepon yang dapat dihubungi.

Cara lain yang bisa ditempuh untuk mempromosikan bisnis sedot wc yaitu dengan membagikan brosur, memasang spanduk, memasang reklame, neon box dan memasang iklan di internet. Untuk mempromosikan bisnis sedot wc di internet sangat mudah dan gratis. Sobat bisa menggunakan aplikasi media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dll dengan target market wilayah tertentu.

4. Pelayanan memuaskan
Salah satu aspek yang sangat penting dalam dunia bisnis adalah pelayanan terbaik yang memuaskan konsumen. Begitupula dalam bisnis sedot wc, anda harus benar-benar memperhatikan kualitas pelayanan. Jangan sampai mengecewakan konsumen. Bentuk pelayanan terbaik dan memuaskan adalah selalu tepat waktu, ramah dan bersahabat dengan konsumen, melakukan penyedotan wc dan tinja secara bersih dan rapi.

5. Harga lebih murah
Pada awal bisnis sedot wc tak ada salahnya anda membanderol jasa sedot tinja dan wc  dengan harga yang lebih murah dari kompetitor. Hal ini sebagai salah satu strategi untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin. Karena manusia merupakan makhluk ekonomis yang ingin selalu mendapatkan keuntungan. Jika ada dua bisnis sedot wc maka ia akan memilih yang paling murah. Harga jasa sedot wc dan tinja dikisaran Rp 90 ribu sampai Rp 125 ribu.

6. Bekerjasama
Untuk memperkenalkan bisnis sedot WC yang anda tekuni maka sobat harus mempunyai banyak relasi supaya kesuksesan bisnis sedot wc dapat diraih dengan waktu singkat dan mudah. Ada banyak kalangan yang bisa anda ajak kerjasama untuk bisnis sedot tinja dan wc antara lain kalangan lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, RT dan RW, kecamatan, kantor desa dan lain sebagainya. Tawarkanlah sistem komisi yang cukup besar apabila ada seseorang yang mampu mengajak orang lain untuk menggunakan jasa sedot wc sobat.

7. Merekrut karyawan terbaik
Untuk menjalankan bisnis sedot wc hingga berhasil tidak bisa dilakukan sendirian. Anda membutuhkan beberapa tenaga karyawan untuk bagian kebersihan, sopir, kernet, bagian sedot wc, marketing atau pemasaran, administrasi dan bagian lainnya yang anda butuhkan. Tawarkanlah sistem gaji bulanan. Sedangkan untuk bagian pemasaran maka anda bisa menggunakan sistem komisi yang menarik dan menggiurkan.

8. Membuat SOP
Untuk menjalankan bisnis sedot wc dengan lancar dan mudah dibutuhkan suatu standard operasional usaha. Sehingga setiap karyawan memahami pekerjaannya masing-masing. Selain itu, bagian penyedotan wc mengetahui cara standar untuk menyedot wc yang baik dan benar yaitu diawali dengan menaburkan pewangi pakaian atau kopi ke dalam septitank. Kemudian diaduk hingga bercampur dengan kotoran dan tidak bau lagi. Yang tercium adalah bau kopi dan pewangi pakaian. Selanjutnya siapkan selang sedot wc lalu sedot wc hingga bersih dan tak mampet.

9. Membuka cabang
Setelah anda sukses membuka bisnis sedot wc di satu daerah atau kota maka anda bisa membuka usaha sedot wc di daerah lain yang lebih potensial. Seperti di kota Surabaya, Bandung, Jakarta, Semarang, Depok, Bogor dan kota besar lainnya yang mempunyai tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Sehingga pangsa pasar yang didapatkan semakin luas dan keuntungan yang semakin besar.

10. Layanan pelengkap
Supaya bisnis sedot wc anda memiliki citra baik di kalangan konsumen dan masyarakat maka anda bisa menambahkan dengan bisnis sedot tinja, sedot galian lumpur proyek, sedot limbah catering, sedot limbah restoran, sedot limbah pabrik, sedot drainase kota, dan lain-lain. Sehingga terkesan bisnis sedot wc sobat lengkap dan lebih unggul ketimbang kompetitor yang ada.

11. Semangat dan kerja keras
Anda pastinya akan mengalami tantangan, rintangan, kendala dan hambatan selama menjalani bisnis sedot WC. Seperti mendapatkan komplain dan keluhan dari konsumen, keluhan dari penduduk sekitar dan lain sebagainya. Namun hal ini jangan membuat anda putus semangat. Anda harus tetap fokus dan semangat serta kerja keras untuk menjalankan bisnis sedot wc hingga mampu mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

12. Berdoa dan Tawakkal
Kita hanya berusaha sedangkan Allah SWT yang menentukan hasilnya. Namun selama kita bekerja keras pasti bisnis sedot wc akan membuahkan hasil keuntungan yang cukup besar.

Keuntungan Bisnis Usaha Sedot WC dan Tinja
Adapun yang menjadi kelebihan dan keuntungan bisnis sedot wc dan tinja sangatlah banyak, antara lain:

1. Pangsa pasar yang sangat luas
Apabila anda membuka bisnis sedot wc di wilayah kota besar yang padat penduduk maka sangat tepat. Mengingat bisnis sedot wc lebih menjanjikan dijalankan di perkotaan ketimbang di desa. Dengan kepadatan gedung dan rumah yang sangat tinggi di kota membuat pangsa pasar bisnis sedot wc sangat luas. Anda dapat dengan mudah mendapatkan konsumen bisnis jasa sedot wc dari kalangan rumahtangga, industri, perkantoran, gedung dll.

2. Laris manis
Bisnis sedot wc mengalami laku keras saat ini. Mengingat para penduduk kota seringkali tidak memperhatikan septitank dengan baik. Sehingga tak terasa, septitank penuh yang mengakibatkannya macet dan mampet. Untuk mengatasinya bisa saja dengan membuat septitank baru. Namun biaya pembuatanya sangat mahal. Apalagi di kota yang setiap jengkal lahan dihargai sangat tinggi. Maka cara alternatif yang banyak dilakukan orang adalah menggunakan jasa sedot wc. Hal inilah yang membuat bisnis sedot wc laris manis sekarang ini hingga di masa depan.

3. Persaingan lemah
Persaingan bisnis sedot wc di perkotaan terbilang sangat rendah. Hanya ada beberapa perusahaan saja yang membuka jasa sedot wc dan tinja. Dengan tingkat kompetitor yang rendah membuat bisnis sedot wc sangat menjanjikan dan mempunyai prospek cerah masa sekarang. Apalagi jika anda membuat bisnis sedot WC di pedesaan terpencil maka tingkat persaingan sangat lemah.

4. Bisnis sampingan
Bisnis sedot wc dan tinja bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan yang mampu memberikan keuntungan jutaan perbulan. Ada banyak pengusaha bisnis sedot wc yang sukses dan menjalankan secara sampingan dan rumahan. Penghasilan yang mereka dapatkan dari bisnis sedot wc rata-rata perbulan sekitar Rp 7 juta. Sedangkan jika sedang sepi pesanan maka paling banter penghasilan yang didapatkan sebesar Rp 2 juta perbulan.

5. Membuka lapangan kerja baru
Dengan membuka bisnis sedot wc di daerah anda berarti sobat turut serta membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran. Karena bisnis sedot wc akan membuka banyak lapangan kerja bagi banyak orang seperti bagian kebersihan, bagian sopir dan kernet, bagian marketing dan bagian lainnya.

6. Prospek cerah
Usaha sedot wc merupakan bisnis dalam bidang jasa yang tak mengenal musim. Bisnis ini akan selalu laris dan tak pernah sepi konsumen. Seiring dengan banyaknya proyek-proyek perumahan baru di berbagai kota besar dan wilayah Indonesia membuat bisnis sedot wc memiliki prospek cerah. Apalagi tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia semakin meningkat pesat setiap tahunnya.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Bisnis Sedot WC
Jika anda tidak mempunyai modal usaha yang mencukupi berupa uang atau barang untuk membuka bisnis sedot wc maka jangan ciut. Ada banyak cara paling mudah untuk mendapatkan modal usaha sedot wc, antara lain melakukan pinjaman uang dan modal kepada kedua orangtua, sanak kerabat, anggota keluarga yang kaya, teman atau sahabat, tetangga, rekan kerja, kenalan dan lain sebagainya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter