Cara Mendirikan Usaha Start Up Untuk Indonesia Yang Lebih Maju

Cara mendirikan usaha start up yang menjanjikan. Sekarang bukan zamannya lagi orang bekerja di tempat orang lain. Mengingat sudah penuhnya dan meluapnya lapangan kerja yang bukan hanya di ibu kota sendiri. Yang menjadi solusi kita saat ini adalah menidrikan usaha sendiri baik itu usaha kecil-kecilan maupun dalam skup yang besar. Hal ini terbukti dengan mendirikan usaha tersebut dapat mengurangi lapangan kerja sendiri. Dengan begitu pengangguran pun akan dapat kita atasi.

Usaha start up merupakan jenis usaha atau perusahaan baru yang baru berkembang atau mulai dikembangin. Usaha tersebut biasanya beroperasi dalam bidang teknologi, dan biasanya produk yang dikeluarkan juga berupa produk yang dibuat secara digital berupa aplikasi dan beroperasi melalui beberapa website. Dan jumlah karyawan atau pegawainya juga masih bisa terbilang artinya masih dalam jumlah yang sedikit. Cara mendirikan usaha start up ini mudah sekali, terutama bagi anda yang sering berselancar di dunia maya. Usaha ini memang cukup menjanjikan karena mengikuti perkembangan zaman, di mana saat ini zaman semakin modern, semakin canggih dan segala sesuatunya menggunakan teknologi untuk menunjang dan memudahkan segala aktivitas anda.

Banyak sekali orang-orang yang telah sukses dalam bidang ini. Terbukti di Indonesia ini sudah berdiri banyak founder stratup yang sudah sukses. Seperti yang sudah ada komunitasnya yaitu misalnya di Jakarta, Bandung, Malang dan kota-kota besar lainnya. Dengan adanya komunitas yang terbentuk seperti ini maka akan membantu setiap orang dalam sharing atau bertukar informasi tentang bisnis yang akan mereka bangun. Bukan hanya saling sharing atau bertukar informasi. Tetapi mereka juga bisa menjadi seorang investor dan tentunya hal ini akan sangat lebih menguntungkan sekali. Perkembangan bisnis atau usaha start up ini terdorong atas kemajuan zaman yang semakin hari semakin pesat. Dan ditandai dengan semakin maraknya penggunaan smartphone yang di dalamnya terdapat media sosial, mobile game, social game yang semakin hari semakin membludak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mungkin cara mendirikan usaha start up ini anda bisa saling sharing dengan para pengusaha lainnya.
bisnis start up, usaha start up menguntungkan, start up, start up Indonesia, peluang usaha start up

Sebenarnya banyak sekali beberapa pengusaha tersebut yang sudah sukses di dalamnya, bukan hanya pengusaha luar negeri saja. Tetapi juga di Indonesia sudah banyak sekali, hal ini membuktikan bahwa otak orang Indonesia sendiri mampu bersaing dalam dunia teknologi. Seorang pengusaha saat ini merupakan solusi bagi kita semua untuk mengurangi pengangguran serta memajukan bangsa ini. Banyak orang-orang yang sudah lahir mengolah usaha ini. Dan sukses dalam usaha start up. Menurut salah satu CEO terkenal Indonesia di mana startup di Indonesia atau di negara kita sendiri terdapat 3 kelompok besar yaitu di antaranya startup pecinta game online, edukasi, dan startup perdagangan dan untuk bahan informasi.

Banyak sekali start up lokal atau yang dibuat oleh orang Indonesia sendiri yang bisa dibilang sudah sangat cukup maju dan sangat berkembang. Hal ini tentu saja dapat memenuhi perkembangan zaman nantinya dengan begitu pesatnya. Dan diharapkan startup lokal ini bukan hanya diminati atau dipasarkan di pasaran lokal saja, tetapi juga bisa merambah ke dunia internasional misalnya seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya yang mana penggunanya bukan hanya orang lokal saja, tetapi seluruh dunia. Tentu saja hal ini akan mendapatkan keuntungan bagi pengusahanya yang berlipat-lipat. Teradapat beberapa tahapan atau cara mendirikan usaha start up ini, di antaranya :

1. Seorang calon pengusaha tersebut perlu menggali beberapa potensi yang ada dalam dirinya. Di mana potensinya tersebut bisa dikembangkan dan bisa dijadikan suatu ide nantinya.
2. Harus siap untuk menjadi seorang ahli marketing. Anda harus siap dan harus bisa dalam mengelola bisnis tersebut, misalnya dalam ahli accounting, administrasi dan sebagainya. 
3. Mengelola produk. Tahap ini mungkin bisa dimulai dari merancang produk, merealisasikan produk, merevisi beberapa produk, testing, dan banyak lagi yang perlu dilakukan dalam merancang produk tersebut. Lakukan hal tersebut dengan semaksimal mungkin, hingga produk yang anda buat dapt terealisasikan dengan sebaik mungkin. 
4. Memasarkan produk. Dalam tahapan ini mungkin ada yang bislang tahap terakhir ataupun finishing. Dalam hal ini anda harus mengatur beberapa fiturnya. Fitur apa yang hendak dikeluarkan. Di dalam fase ini juga anda harus mulai melaksanakan beberapa press release, melakukan networking, mencari beberapa investor yang membantu meningkatkan usaha anda, mencari client, dan lain-lain.

Mungkin itulah tahapan-tahapan yang perlu anda lalui dalam mendirikan usaha tersebut. Jatuh bangun dalam mendirikan usaha tersebut bisa kita bilang masih wajar. Namun ingat sebuah moto yang mengatakan “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. Dari kegagalan tersebut maka anda akan mencapai keberhasilan. Anda tidak perlu putus asa untuk membangunnya kembali.  Perlu diingat kembali dari ke 4 tahapan stratup yang hendak jalani tersebut. Terdapat hal yang paling utama dan yang paling pertama dan wajib anda dahulukan. Yaitu di mana ketika seseorang hendak mendirikan start up ini adalah anda harus mempunyai tim yang solid. Anda harus solid antara anggota team yang satu dengan anggota team yang lainnya. Dengan cara seperti itu maka anda menjadi pengusaha yang sukses dengan team anda. Itulah beberapa ulasan tentang cara mendirikan usaha start up yang wajib anda fahami terlebih dahulu sebelum memulainya. Selamat bergabung dan salam sukses !

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter