Investasi Saham Untuk Pemula, Anda Perlu Tahu Ini

Investasi saham untuk pemula  merupakan salah satu cara untuk membuat keungan kita tetap stabil di masa yang akan datang. Begitu banyak sarana investasi yang bisa kita miliki, misalnya investasi di bank berupa tabungan tunai, investasi rumah kos, investasi restoran dan lain – lain. Akan tetapi invesasi dalam bentuk sarana investasi di atas merupakan cara berinvestasi yang cukup sulit bagi para pemula yang ingin berinvestasi. Ini karena anda harus mempunyai modal yang cukup besar serta pengelolaan yang cukup rumit untuk menjalankan sebuah sarana investasi di atas. Anda tentunya pernah mendengar kata saham bukan? Saham adalah salah satu sarana investasi yang tidak pernah sepi dari peminat atau para investor. Dengan berinvestasi dengan saham, anda tidak perlu repot-repot untuk mengeluarkan modal dengan jumlah yang besar serta anda dapat membelinya dengan cara yang mudah. Meskipun berinvestasi melalui bank juga mudah, akan tetapi kenyataannya keuntungan dari hasil investasi saham lebih besar dari bunga tahunan di bank. 

Awal Investasi Saham untuk Pemula 
Sebelum kita membahas jauh mengenai saham, ada baiknya kita mengetahui apa itu saham. Saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Memiliki saham dari sebuah perusahaan sama dengan anda memiliki perusahaan tersebut sebesar saham yang anda punyai. Anda tidak perlu bersusah – susah untuk mendirikan sebuah perusahaan anda sendiri, cukup dengan membeli saham dari perusahaan, anda telah memiliki perusahaan. Investasi saham untuk pemula bisa dilakukan dengan membeli saham dengan jumlah yang tidak besar terlebih dahulu. Dengan cara ini, pemula bisa membeli saham di pasar modal sekaligus mengetahui cara main dalam pasar saham. Cara ini dapat menepis semua keraguan dari investor pemula untuk memulai berinvestasi. Mengetahui medan memang harus dilakukan agar anda tidak terperosok ke lubang yang orang lain hindari. 

Resiko ketika melakukan investasi pasti ada. Kinerja perusahaan yang tidak cukup baik, krisis ekonomi serta faktr–faktor lain  yang membuat harga saham turun menjadikan ini sebuah alasan yang membuat calon investor pemula ini takut untuk memasuki dunia saham. Oleh karena itu, akan kami berikan tips untuk melakukan investasi saham untuk pemula agar anda mantap dalam menjalankan bisnis investasi yang menjanjikan ini.
investasi saham, tips investasi saham, investasi saham untuk pemula, cara membeli saham

Berikut beberapa tips investasi saham untuk pemula yang bisa anda ikuti:

1.Mulailah dengan modal yang tidak terlalu besar
Jika anda merupakan pemula yang benar benar belum pernah berinvestasi, mulailah membeli saham dalam skala yang kecil terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian jika anda salah langkah dalam mengambil keputusan. Selain itu bisa menjadi ajang pembelajaran bagi anda untuk mempelajari ilmu berbisnis dalam pasar saham. Belajar menganalisis serta memprediksi perusahaan mana yang baik serta langkah apa yang harus dilakukan, kapan harus menjual dan membeli saham sebuah perusahaan, semua pembelajaran itu membutuhkan waktu. Oleh karena itu mulailah dengan modal kecil, setelah anda merasa mantap anda bisa menambah modal anda. 

2. Pilihlah perusahaan yang mempunyai kredibilitas baik
Memilih perusahaan yang bagus tentunya merupakan hal yang penting karena anda tentunya tidak ingin dirugikan ketika perusahaan yang anda miliki tidak berkembang atau bahkan bangkrut. Jika demikian maka anda perlu untuk mempelajari perusahaan-perusahaan mana yang memiliki kinerja bagus, banyak dikenal publik, produknya laku di pasaran, serta tidak memiliki banyak hutang. Pilihlah saham yang tercatat di bursa efek saham, atau badan usaha milik negara. Pilihan tersebut merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin berinvestasi. 

3. Jangan menggantungkan saham anda pada satu perusahaan saja
Belilah saham dari beberapa perusahaan, ini akan meminimalisir resiko yang akan di timbulkan. Selain itu bukankah lebih menyenangkan memiliki beberapa perusahaan dari pada hanya memiliki satu perusahaan saja

4. Lakukan investasi untuk jangka panjang
Saham merupakan salah satu investasi yang jarang sekali memberikan kerugian untuk dijadikan investasi jangka panjang. Meskipun segala resiko tetap ada, namun kenyataannya menginvestasikan modal anda dalam saham jangka panjang akan membuat keuntungan yang lebih besar dari pada berinvestasi di bidang lain. Return yang bisa anda dapatkan antara 10 – 12 persen pertahun, angka ini didapatkan dengan perhitungan IHSG atau indeks harga saham gain 

5. Lakukan analisis
Untuk mendapatkan hasil dari harga saham, anda perlu melakukan analisis mengenai fluktuatif harga saham dan perusahaan yang sedang berkembang atau bahkan hampir tutup untuk mengambil langkah yang tepat dalam bermain diduna bisinis pasar saham.

6. Selalu pantau portofolio secara berkala
Portofolio merupakan kumpulan aset yang berupa saham yang anda miliki. Bagaimana kondisi saham anda dalam perusahaan, apakan mengalami penurunan atau peningkatan. Serta apakah kinerja perusahaan tersebut membaik atau bahkan memburuk. 

Tips  investasi saham untuk pemula  diatas bisa menjadi panduan anda untuk melakukan investasi sedini mungkin. Berkecimpung dalam dunia bisnis akan membuat pergaulan anda meningkat, karena kebanyakan orang yang sukses di dunia ini adalah mereka yang memperoleh keuntungan dari hasil perusahaannya atau dengan kata lain pebisnis. Nah jika anda melakukan investasi berupa saham, maka anda juga mempunyai peluang untuk menjadi sukses dalam bidang ini, tentunya jika anda telah banyak belajar dan tekun dalam menjalaninya. 

Sekian tips investasi saham untuk pemula, setelah membaca rangkaian tips diatas tidak ada alasan lagi bagi anda calon investor muda untuk segera terjun dalam bidang ini. Selamat berinvestasi dan terus belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter