Lembaga Pemberi Pinjaman Modal Usaha Angsuran Rendah

Dalam membuka sebuah usaha tentu tidak bisa dijalankan apa adanya. Namun harus dipersiapkan secara matang sebelumnya mengenai pangsa pasar yang ada, suplay bahan baku, lokasi usaha, modal usaha, dll. Dan hal yang paling mendasar menjadi perhatian para pelaku usaha adalah modal usaha. Seringkali mereka tidak mempunyai modal usaha mencukupi untuk buka usaha atau bisnis. Hal itu menjadi kendala bagi sebagian pelaku usaha kecil, mikro dan menengah memulai suatu bisnis. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, mereka berusaha mencari dan mendapatkan sumber modal usaha gratis maupun non gratis yang mencukupi untuk menjalankan usaha. Misalnya mereka mengambil tabungan di bank untuk buka usaha. Ada pula yang meminjam uang kepada anggota keluarga, orangtua, sahabat, teman, rekan kerja, tetangga, sanak kerabat, investor, pinjaman modal usaha ke bank dengan bunga rendah, koperasi, lembaga yayasan, bank perkreditan rakyat, modal venture, dll.

Dan ada pula yang mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah, Kementerian Koperasi dan UKM, BUMN, perorangan, lembaga amal dan lain sebagainya. Walaupun itu jarang terjadi tapi ada. Misalnya usaha kelompok tani penulis mendapatkan dana hibah modal usaha berupa benih ikan dari Dinas Perikanan. Namun ketersediaan modal usaha tidaklah menjamin sebuah bisnis atau usaha berjalan sukses dan menguntungkan. Ketersediaan modal usaha membuat sebuah usaha bisa berdiri lancar. Sedangkan agar usaha menguntungkan dan sukses dengan arus kas positif diperlukan aspek lain seperti pemasaran yang baik, pelayanan yang baik, harga terjangkau, lokasi usaha strategis, dll.

Pendek kata, sebuah usaha yang hendak dibangun harus dimulai dengan perencanaan matang terlebih dahulu. Tapi jangan hanya berencana terus menerus tanpa tindakan. Karena itu sia-sia belaka. Bisnis tidak akan pernah terwujud. Sebab bisnis atau usaha adalah praktek. Atau bisa berjalan baik dengan cara dipraktekkan. Untung maupun rugi adalah resiko dari sebuah bisnis.

Bisnis yang sukses dimulai dari perencanaan matang. Begitupula usaha yang dijalankan tanpa perencanaan sama dengan merencanakan gagal. Walaupun perencanaan usaha tidak menjamin kesuksesan sebuah usaha. Tapi perencanaan usaha sangat membantu sebuah usaha bisa berjalan lancar dan berhasil atau sukses.
modal usaha, lembaga pemberi modal usaha, modal usaha gratis, pinjaman modal usaha, modal usaha angsuran rendah

Salah satunya sobat harus mempersiapkan modal usaha mencukupi beberapa bulan ke depan untuk usaha yang hendak dibangun. Seperti di atas bisa menggunakan tabungan milik sendiri, pinjam ke orang lain atau cara tradisional meminjam uang sebagai modal usaha di bank dengan jaminan dan tanpa jaminan.

Penting sekali kesediaan modal usaha yang anda miliki. Sebab jika usaha kehabisan modal kerja maka usaha akan berhenti di tengah jalan. Itulah pentingnya persiapan modal usaha dalam beberapa bulan ke depan. Oleh sebab itu, di sini ada beberapa cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa, pelajar, ibu rumahtangga, karyawan dan lain sebagainya yang ingin banting stir menjadi pengusaha.

Namun demikian, ada beberapa bisnis yang bisa dilakukan dengan modal minim atau tanpa modal alias gratis. Seperti bisnis online atau jadi makelar properti dll. Tapi itu tetap membutuhkan modal yaitu modal keterampilan berkomunikasi, jaringan, koneksi, negosiasi, dll.

Lembaga Pemberi Pinjaman Modal Usaha Angsuran Rendah
Jika anda membutuhkan uang sebagai modal, berikut ini sejumlah lembaga yang memberikan pinjaman modal usaha angsuran rendah, antara lain:

BRI
Bank milik pemerintah ini mudah dijangkau dan cabangnya tersebar dimana-mana. Dari kota besar hingga pelosok desa di seluruh Indonesia. Bank Rakyat Indonesia tbk menyediakan berbagai layanan bagi masyarakat seperti tabungan, deposito, dan layanan pinjaman modal usaha bagi para pelaku UKM. Seperti yang dilakukan teman penulis yang meminjam uang sebesar Rp 10 juta kepada bank BRI untuk modal membuka usaha warung kelontongan. Uang pun cair dan cicilan perbulan sebesar Rp 500 ribu untuk jangka waktu dua tahun. Cicilan rendah dan bunga rendah. Karena ia mengambil program kredit usaha rakyat.

Bank Mandiri
Bank milik pemerintah yang terbesar ini menyediakan berbagai pembiayaan usaha atau pinjaman modal usaha bagi para pelaku usaha kecil, menengah dan mikro. Pinjaman modal usaha bisa dalam bentuk kredit usaha rakyat atau KUR dengan cicilan rendah dan bunga sangat kecil. Atau bisa mengambil kredit modal kerja, kredit investasi dan lain sebagainya.

Adapun KUR Mandiri diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah di Indonesia dan produktif ini mempunyai jangka waktu kredit sampai 10 tahun dengan batas pinjaman hingga Rp 500 juta. Sesuaikan pinjaman kredit modal usaha dengan kemampuan membayar yang anda miliki. Jangan terlalu memaksakan diri mengambil kredit modal usaha dengan jumlah besar tanpa kemampuan membayar.

Keuntungan lain melakukan pinjaman modal usaha di Bank Mandiri adalah jaminan aman, dan bunga bank sangat kecil dan bisa bersaing dengan bank-bank lain. Persyaratan sangat mudah dengan proses pencairan uang terbilang sangat cepat dan tanpa berbelit-belit.

Adapun persyaratan dokumen untuk meminjam modal usaha di bank Mandiri, antara lain : fotocopy Kartu Tanda Penduduk, Fotocopy rekening tabungan dalam 6 bulan terakhir, surat keterangan bekerja, slip gaji asli, memiliki umur yang cukup minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun, mempunyai jaminan seperti BPKB motor atau mobil, sertifikat tanah atau rumah, dan melampirkan pas foto ukuran 4 x 6 berwarna 3 buah.

Pegadaian
Lembaga pegadaian bukan hanya menerima layanan gadai barang tapi juga menabung emas dan memberikan pinjaman modal usaha dengan angsuran rendah. Jika anda memerlukan uang tunai untuk keperluan modal usaha bisa meminjam uang di pegadaian dengan jaminan barang berharga milik anda.

BPR
Jika mendengar Bank Perkreditan Rakyat mungkin anda tidak asing lagi. Karena BPR konvensional dan syariah sudah tersebar di berbagai pelosok tanah air. Misalnya BPR Karyajatnika Sadaya, BPR Islam dll. Lembaga ini juga menyediakan layanan tabungan, deposito, pembiayaan usaha, dan pemberian modal usaha dengan cicilan dan bunga yang rendah.

Pendek kata, Bank Perkreditan Rakyat merupakan lembaga keuangan yang telah dipercaya oleh masyarakat luas dalam transaksi pinjaman modal uang. BPR sama seperti bank mempunyai beragam produk layanan seperti kredit otomotif, kredit elektronik, kredit multiguna, kredit investasi sampai kredit modal usaha. Jika anda mempunyai sebuah usaha dan hendak menambah modal usaha bisa mengajukan pinjaman modal usaha di BPR dengan bunga bersaing dan angsuran rendah bahkan lama yang bisa disesuaikan dengan kapasitas membayar sobat.

Caranya sangat mudah dengan mendatangi kantor BPR yang terdekat dengan rumah anda sambil membawa dokumen KTP, SIUP, contoh proposal usaha bisnis tertentu, surat jaminan BPKB motor / mobil, sertifikat rumah / tanah. Persyaratan dokumen sangat ringan. Dan pinjaman uang maksimal bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi merupakan badan usaha resmi yang pro rakyat bersifat gotong royong dan kekeluargaan yang diakui oleh pemerintah. Ada beragam jenis koperasi di Indonesia. Salah satunya yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah koperasi simpan pinjam. Koperasi ini bertujuan untuk mensejahterakan para anggotanya. Dan koperasi simpan pinjam menyediakan layanan pinjaman uang sebagai modal usaha dengan bunga rendah bagi anggota dan non anggota. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain warga negara Indonesia, melampirkan fotocopy KTP, Kartu Keluarga dan slip gaji, melampirkan jaminan agunan, dan fotocopy rekening listrik serta melampirkan proposal usaha atau bisnis yang hendak dijalani.

Lembaga koperasi biasanya ada di kota maupun desa. Bahkan umumnya di sebuah perusahaan bonafide sudah terbentuk yang melayani keperluan anggotanya seperti modal usaha. Nah jika anda sebagai karyawan di perusahaan maka anda bisa meminjam uang kepada koperasi di tempat kerja sobat sebagai modal usaha dengan mudah dan persyaratan tak berbelit, tidak seperti meminjam uang ke bank. Namun biasanya pinjaman uang yang diberikan tidak terlalu besar. Walaupun begitu, kelebihannya koperasi menyediakan pinjaman modal usaha dengan angsuran rendah serta bunga yang lebih rendah dari bank. Kredit modal usaha dari koperasi itu dikhususkan bagi usaha mikro kecil dan menengah.

Lembaga Pemerintah
Sobat dapat melakukan pengajuan pinjaman modal usaha ke berbagai lembaga pemerintah yang khusus menyediakan program pinjaman modal usaha dengan bunga kecil. Karena bersifat social. Seperti BUMN, Telkom, BRI, LEN, PT INTI, PINDAD, Bank Mandiri, Perhutani, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian dll. Bahkan kalau anda beruntung bisa mendapatkan modal usaha gratis atau dana hibah gratis dari lembaga bersangkutan.

Rumus Cara Memperoleh Modal Usaha
Tips sukses meminjam modal usaha di bank atau lembaga keuangan, antara lain : pertama, tetapkan jumlah uang yang hendak diajukan sebagai pinjaman modal usaha. Kedua, pilihlah bank atau lembaga keuangan yang memberikan angsuran serendah mungkin dan bunga sekecil mungkin. Caranya anda bisa membandingkan tingkat suku bunga antara satu bank atau lembaga dengan bank lain. Tanyakan pula persyaratan yang harus disiapkan, biaya-biaya apa saja yang mesti dibayar nanti, dll.

Untuk mengajukan pinjaman modal usaha ke bank, koperasi, dan lembaga pemerintah anda diwajibkan membuat proposal usaha bisnis dan mengajukan ke lembaga tersebut. Isi proposal usaha dan bisnis yang hendak dijalankan meliputi prospek usaha, pangsa pasar, perencanaan usaha dll. Jika proposal usaha anda disetujui maka anda akan memperoleh uang tunai sebagai modal membuka usaha.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter