Memiliki pekerjaan tetap memang merupakan anugerah yang besar. Meskipun nanti kartu pra kerja dari pak jokowi diperkirakan mampu menangani masalah pengangguran, realisasinya tetap membutuhkan waktu cukup lama. Sedangkan Anda tidak bisa menunggu lama karena harus segera mendapatkan pekerjaan.

Jika sudah bekerja kantoran, mungkin Anda kerap merasa bosan atau butuh tambahan pendapatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menekuni pekerjaan sampingan. Lakukan beberapa hal ini agar pekerjaan sampingan berjalan lancar dan tidak mengganggu pekerjaan utama:

Memilih Pekerjaan Sampingan sesuai Passion

Hal pertama yang wajib Anda lakukan bila ingin memulai pekerjaan sampingan adalah memilih yang sesuai dengan passion. Tak sedikit orang yang pekerjaan utamanya tidak sesuai passion. Karena pekerjaan utama dilakukan untuk sekadar memperoleh pendapatan saja. Kalau Anda memiliki pekerjaan sampingan sesuai passion, Anda pasti tidak mudah bosan. Bahkan Anda akan tergugah menyempurnakan kemampuan demi menghasilkan performa kerja terbaik.

Memanfaatkan Marketplace untuk Freelancer

Saat ini, ada beberapa marketplace besar di tanah air yang mempertemukan pemberi pekerjaan dan para pekerja freelance. Anda bisa memanfaatkan marketplace tersebut untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Mulailah dengan membuatakun dan aktif memberikan penawaran melalui website marketplace. Kalau Anda sering mendapatkan pekerjaan sampingan dari marketplace tersebut, maka reputasi Anda akan semakin baik. Anda pun dapat menampilkan beberapa portofolio untuk menarik perhatian para pemberi pekerjaan.

Baca Juga: 4 Bisnis Franchise Minuman Hits yang Bisa Jadi Sumber Penghasilan saat Ramadhan

Hanya Menggunakan Waktu Luang untuk Pekerjaan Sampingan

Sebaiknya Anda tidak mencuri-curi waktu saat menyelesaikan pekerjaan utama. Karena pekerjaan sampingan patut dilakukan saat Anda punya waktu luang. Jika Anda punya banyak waktu luang di luar pekerjaan utama, berarti Anda cocok menekuni pekerjaan sampingan. Sehingga waktu senggang Anda tidak terbuang percuma dan bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Melakukan Pekerjaan Sampingan secara Remote

Pekerjaan sampingan terbaik yang hemat waktu adalah pekerjaan yang bisa dikerjakan secara remote. Sehingga Anda tak butuh waktu lama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kini, ada banyak pekerjaan sampingan yang dapat diselesaikan secara remote. Misalnya, pekerjaan di bidang penulisan konten, desain, dan web design. Reputasi sebagai freelancer terpercaya membuat Anda tak sulit memperoleh pekerjaan remote yang berkualitas.

Nanti, Anda dapat mengalokasikan pendapatan dari pekerjaan sampingan untuk menabung atau berinvestasi. Kondisi finansial pribadi pun akan semakin stabil jika Anda memiliki pendapatan sampingan dengan jumlah cukup besar. Mari memanfaatkan waktu senggang sebaik mungkin untuk mendapatkan pengalaman baru dan pendapatan tambahan dari pekerjaan sampingan.

Informasi selengkapnya mengenai kartu pra kerja yang digadang oleh pak Jokowi dapat anda lihat di https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/