Perjalanan mudik jarak jauh memang sangat menguras tenaga dan biaya. Apalagi bila Anda harus mengendarai kendaraan sendiri. Jangan berkecil hati bila tidak berkesempatan mendapatkan tiket mudik gratis. Anda masih bisa melakukan perjalanan mudik hemat dengan mengendarai motor.

Kalau Anda terbiasa mengendarai motor untuk menempuh jarak jauh, mudik dengan motor tentu bukanlah masalah besar. Anda hanya perlu memahami beberapa trik untuk agar mudik naik motor selalu aman dan nyaman:

Kondisi Fisik Harus Benar-Benar Prima

Jangan mengabaikan kesiapan kondisi fisik bila akan mudik naik motor. Kondisi fisik Anda benar-benar prima agar konsentrasi Anda terjaga dengan baik. Alangkah lebih baik lagi bila Anda membiasakan diri untuk mulai melakukan latihan fisik beberapa minggu sebelum mudik naik motor. Supaya kondisi tubuh Anda lebih fit dan siap menempuh perjalanan jauh. Jangan sampai mudik naik motor membuat kondisi fisik Anda menurun ketika sampai di kampung halaman.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Ketika Merintis Bisnis

Membawa Barang Seperlunya

Ketika mudik naik motor, Anda tidak bisa membawa banyak barang seperti saat naik mobil pribadi atau moda transportasi lainnya. Karena barang bawaan yang terlalu banyak dapat mempengaruhi performa motor. Jangan sampai Anda kehilangan keseimbangan berkendara karena kesulitan menahan beban barang bawaan. Anda dapat menyiasatinya dengan cara mengirim sebagian barang bawaan via ekspedisi. Sehingga Anda hanya perlu membawa beberapa barang penting ketika mudik.

Menggunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Pakaian dan alas kaki yang nyaman akan mempengaruhi performa Anda saat mengendarai motor. Anda wajib menggunakan pakaian yang nyaman, elastis, dan menyerap keringat selama mengendarai motor. Jangan lupa pula menggunakan alas kaki yang nyaman dan tertutup. Sehingga Anda tidak kesulitan menginjak kopling atau menyeimbangkan motor saat berhenti di jalan. Pakaian dan alas kaki nyaman membuat Anda tidak mudah lelah dan tetap fokus selama mengendarai motor.

Servis Motor sebelum Mudik

Motor Anda akan dipacu secara maksimal bila Anda melakukan perjalanan mudik. Itulah sebabnya Anda mesti melakukan servis motor sebelum mudik. Luangkan waktu untuk membawa motor ke bengkel resmi. Supaya performa motor Anda semakin maksimal dan komponen-komponen yang bermasalah bisa lekas diganti. Anda tentu tak mau kan perjalanan mudik Anda terganggu akibat motor tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Ketika mudik naik motor, Anda harus lebih peka mengenali kondisi motor dan kesehatan diri sendiri. Jangan ragu berhenti sejenak untuk mengembalikan stamina tubuh. Sehingga risiko kecelakaan motor saat mudik bisa diminimalkan. Yuk, rencanakan aktivitas mudik naik motor secara cermat! Jangan lupa kunjungi dan membaca artikel dari Cekaja.com yang membahas cara mendapatkan tiket mudik gratis. Silahkan mengunjungi laman https://www.cekaja.com/info/pt-kai-bagikan-2-500-tiket-mudik-gratis-cek-cara-dapetinnya-disini/