Banyak orang tertarik dengan dunia bisnis. Namun tidak sedikit mengurungkan niat terjun ke dunia bisnis dengan alasan tidak memiliki cukup modal. Padahal ada begitu banyak ide bisnis modal kecil terkini yang bisa dicoba. Bagi yang masih bingung memilih bisnis, berikut adalah beberapa rekomendasi bisnis yang bisa dipertimbangkan.

Rekomendasi Bisnis Modal Kecil

Seringkali orang yang memiliki modal sedikit merasa bingung dan bimbang untuk menggunakan modal tersebut. Beberapa rekomendasi bisnis berikut mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk mengalokasikan modal yang ada.

(Baca juga: 3 Jenis Bisnis yang Cocok Menggunakan Pinjaman Modal Usaha Kecil)

Bisnis fashion

Jenis bisnis yang satu ini memang tidak ada matinya. Setiap tahun bisnis fashion mengalami perkembangan yang sangat pesat. Desainer-desainer muda berbakat pun terus bermunculan di dalam negeri. Industri fashion yang ada di Indonesia sendiri menjadi penyumbang pendapatan domestik hingga 3,75 persen. Bisnis fashion juga menjadi salah satu industri padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja. Bisnis fashion di masa mendatang pun diperkirakan akan tetap memiliki jumlah peminat yang tinggi. Bisnis ini bisa dilakukan dengan mendesain dan membuat produk fashion sendiri untuk kemudian dipasarkan kepada orang lain. Bagi yang belum menguasai dunia desain fashion, sebaiknya memasarkan produk orang lain dulu karena sama-sama tetap menguntungkan. Bagi yang modalnya terbatas juga tidak harus dengan membuka toko untuk menjalankan bisnis fashion. Adanya internet kini bisa dimanfaatkan untuk membuka toko online yang murah dan efektif untuk memasarkan produk.

Usaha kuliner

Industri makanan atau kuliner di tanah air terus meningkat. Banyak bermunculan inovasi-inovasi baru dalam dunia kuliner melalui produk makanan dan minuman yang berbeda dari sebelumnya. Usaha kuliner ini juga banyak dilirik anak muda atau pemula, seperti membuka warung kopi atau café. Bisnis kuliner merupakan salah satu ide bisnis modal kecil dengan prospek yang cukup menjanjikan. Namun perlu ketekunan dalam menjalankan bisnis dan tentunya inovasi produk untuk bisa bersaing. Bagi yang serius ingin memiliki bisnis sendiri tetapi modalnya tidak banyak, bisa memiliki usaha makanan ringan yang biasanya modalnya lebih sedikit.

Bisnis laundry

Jenis bisnis yang satu ini adalah salah satu yang kini memiliki peluang bagus. Perubahan gaya hidup masyarakat yang sibuk dan serba cepat, membuat beberapa orang membutuhkan jasa laundry. Target pasar dari bisnis laundry cukup banyak, tidak hanya di kota melainkan juga di desa-desa. Bagi yang tidak suka mencuci atau memang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri adalah target pasar dari bisnis ini. Modalnya hanya mesin cuci dan detergen atau sabun untuk membersihkan berbagai jenis pakaian.

Bisnis aksesoris

Bagi yang suka dengan kerajinan tangan dan bisa membuat sendiri, bisnis aksesoris mungkin menjadi peluang yang bagus. Bisnis seperti ini sering dilihat sebagai bisnis kecil, tetapi konsumen atau pasar dari bisnis aksesoris terbilang besar. Banyak orang yang suka berburu aksesoris, terutama untuk cenderamata. Selain itu, aksesoris yang umumnya murah dan lucu-lucu bentuknya juga membuat peluang pasar bisnis ini cukup tinggi.

Bisnis waralaba

Sebagian orang ingin memulai bisnis, tetapi malas untuk memikirkan konsep bisnisnya. Jika seperti itu masalahnya, maka walaba atau franchise mungkin bisa menjadi solusinya. Bisnis waralaba memungkinkan Anda untuk merintis bisnis tanpa dibuat pusing dengan promosi merek. Modal yang dibutuhkan adalah lisensi dan tempat untuk menjalankan bisnis. Tidak perlu khawatir modalnya besar, karena sekarang ada banyak franchise dengan harga yang tidak mahal.

ASURANSI INDONESIA TERBAIK

Ide bisnis modal kecil terkini di atas bisa menjadi rekomendasi bagi yang masih bimbang untuk merintis usaha. Pilih bisnis yang memang bisa dikuasai dan mampu dijalankan.

Segera ketahui ide bisnis modal kecil yang dapat membantu kamu mewujudkan menjalankan bisnis sendiri dengan membaca artikel yang menguak secara lengkap dari Cekaja.com. Segera kunjungi dan membaca artikelnya di laman https://www.cekaja.com/info/5-bisnis-sampingan-bermodal-kecil-yang-layak-dirintis/