Kebutuhan dana untuk usaha memang tak bisa diperhitungkan. Jika tiba-tiba mendapatkan banyak pesanan, tentunya kita harus memiliki modal lebih untuk menyanggupi pesanannya. Sebelum kamu melakukan pinjaman modal usaha. Yuk! Bandingkan persyaratan pinjaman modal usaha dari setiap lembaga pinjaman berikut!

Persyaratan Pinjaman Modal Usaha di Bank

  • Identitas Diri

Persyaratan umum yang wajib dipenuhi pertama kali, saat mengajukan pinjaman modal usaha adalah fotokopi KTP. Mengapa KTP menjadi syarat pertama? Karena KTP  dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan dalam bentuk pengajuan apapun, termasuk meminjam modal di bank.

Identitas diri seperti KTP yang kamu miliki,  harus sama dengan alamat tinggal kamu saat ini. Lalu, jika kamu sudah menikah, silahkan cantumkan KTP kamu dan istri atau suami. Tujuannya, agar pihak bank mengetahui, pengajuan pinjaman yang kamu lakukan, memang diketahui berdua.

(Baca juga: Menyimak Tentang Pentingnya Melakukan Simulasi Kredit Rumah Sebelum Membelinya)

  • Akta Nikah Atau Buku Nikah

Apabila kamu sudah menikah, maka wajib mencatumkan fotokopi akta nikah, sebagai  bukti bahwa harta yang kamu miliki adalah milik bersama. Tujuan melampirkan fotokopi akta nikah ini, jika suatu saat terdapat masalah yang berkaitan dengan pinjaman dana di bank, maka konfirmasi dapat berjalan dengan lancar.

  1. Fotokopi KK atau Kartu Keluarga

    Persyaratan atau dokumen ketiga yang harus kamu lengkapi adalah fotokopi kartu keluarga atau KK. Kartu Keluarga dibutuhkan oleh bank untuk mengetahui berapa banyak anggota keluarga yang menjadi tanggunganmu. Melalui fotokopi KK, pihak bank juga dapat memperkirakan, seberapa sanggup kamu membayar pinjaman nantinya.

  1. Fotokopi Buku Tabungan

    Kenapa harus pakai fotokopi buku tabungan sih? Ya, buku tabungan ini akan memperlihatkan kondisi keuangan kamu. Biasanya yang diperlukan hanya mutasi buku tabungan tiga bulan terakhir.

Saldo yang ada dalam rekening tabungan nantinya, dapat menjadi tolak ukur kesanggupan kamu dalam mengganti pinjaman yang sudah diajukan ke pihak bank. Hal ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan pinjaman modal usaha di bank. Saldo kamu akan mempengaruhi hasil akhir dari pengajuan pinjaman.

  1. Slip Gaji

    Jika kamu juga pekerja, melampirkan slip gaji akan mempermudah pihak bank untuk bisa memutuskan pinjaman dana yang kamu ajukan. Jika kamu mengajukan pinjaman dana cukup besar, tapi nominal pendapatanmu sedang-sedang saja, kemungkinan diterima sangat kecil.  

Pinjaman Modal Usaha di Koperasi

            Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya bisa mengajukan pinjaman modal usaha di koperasi :

  1. Status sebagai WNI
  2. Memiliki status sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi
  3. Kamu wajib mengisi formulir peminjaman
  4. Menyerahkan fotokopi KTP,  baik KTP suami ataupun istri bila sudah menikah
  5. Menyerahkan fotocopy KK, slip gaji, rekening listrik dan anggunan.

Setelah kamu mengetahui persyaratan pinjaman modal usaha yang harus dipenuhi, selanjutnya kamu harus mengikuti segala prosedur proses pinjamannya. Bagaimana? Persyaratan pinjaman modal usaha di Koperasi memang cukup mudah namun kita harus menjadi anggota dan ada agunannya. Apakah bisa mendapatkan modal usaha dengan cepat? Jika mengajukan di Koperasi? Sepertinya tidak.

KARTU KREDIT INDONESIA TERBAIK

Pinjaman Modal Usaha di CekAja.com

Belum nemu persyaratan pinjaman modal usaha yang paling mudah? Coba ke CekAja.com yuk. Pinjaman online yang diakui kemudahan dan kecepatannya. Apa saja itu? Berikut syarat pengajuan pinjaman modal usaha di CekAja.com !

  1. Warga Negara Indonesia yang tinggal di Indonesia, dimana pun daerahnya.
  2. Memiliki usaha minimal 2 tahun 
  3. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal usia 60 tahun ketika pinjaman lunas
  4. Tidak dalam kondisi kredit atau pinjaman yang bermasalah ya.

Gimana mudah kan persyaratan pinjaman modal usaha di CekAja.com kalau kamu mau tau proses pengajuannya bagaimana. Langsung ke https://www.cekaja.com/small-business-banking  yuk!