Merintis sebuah usaha memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Selain kemampuan, Anda juga membutuhkan sejumlah modal. Padahal, jumlah modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha impian biasanya tidak sedikit. Kalau mengandalkan tabungan pribadi saja, rasanya jelas tidak akan cukup untuk mulai merintis usaha Anda. Kalau sudah seperti ini, rasanya Anda butuh pinjaman uang untuk modal usaha, kan?

Well, meminjam uang memang bisa menjadi salah satu cara paling umum untuk mendapatkan modal usaha. Dengan meminjam uang, tabungan pribadi Anda tidak perlu terganggu dan bisa digunakan untuk tujuan yang sudah ditentukan. Lantas, kira-kira di mana ya Anda bisa mendapat pinjaman untuk modal usaha? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Keluarga

Mencari pinjaman uang untuk modal usaha ke anggota keluarga memang sah-sah saja dilakukan. Karena sudah mengenal satu sama lain dengan baik, Anda tidak perlu merasa sungkan saat mengajukan pinjaman. Walau demikian, bukan berarti Anda bisa meminjam uang tanpa aturan. Selain ada perjanjian hitam di atas putih, Anda juga harus menetapkan aturan yang jelas soal jangka waktu pengembalian pinjaman uang modal usaha. Walau jumlahnya tidak terlalu banyak, bukan berarti Anda bisa berlaku curang dengan terlambat mengembalikan dari waktu yang sudah dijanjikan, loh.

Teman Dekat

Tidak jauh berbeda dari keluarga, Anda juga bisa mencari pinjaman uang untuk modal usaha ke teman dekat. Ya, tidak perlu gengsi untuk mengajukan pinjaman, seorang teman yang baik pasti akan mendukung Anda dalam merintis usaha impian. Apalagi, kalau teman dekat Anda memiliki uang berlebih yang jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan modal usaha. Walau demikian, lagi-lagi, jangan sampai lupa menetapkan beberapa aturan yang perlu dipatuhi.

Ya, salah satunya menulis sebuah perjanjian pinjam-meminjam yang ditanda tangani di atas materai agar sah secara hukum. Dengan demikian, Anda dan teman dekat tetap bersikap profesional dalam proses meminjam dan mengembalikan. Well, Anda juga tidak ingin kan kedekatan yang sudah dijalin selama ini kandas begitu saja gara-gara pinjaman uang untuk modal usaha yang lupa dikembalikan?

Bank

Walau persyaratannya jauh lebih ketat, mencari pinjaman uang untuk modal usaha di bank nyatanya memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya, Anda bisa mendapatkan pinjaman uang dalam jumlah yang lebih besar. Ya, dibanding anggota keluarga atau teman dekat, meminjam uang di bank memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mewujudkan usaha Anda. Walau demikian, pinjaman yang lebih besar jelas memiliki risiko tersendiri. Contohnya, seperti bunga pinjaman yang lebih besar, juga jaminan yang jauh lebih pasti.

Baca Juga: Inilah Kiat Mencari Modal Usaha Online Terbaik dengan Mudah

Bagaimana, masih bingung dan ingin mencari lebih banyak informasi seputar pinjaman untuk modal usaha? Simak terus berbagai informasi yang Anda butuhkan di  https://www.cekaja.com/small-business-banking! Situs konsultan finansial terbaik di Indonesia yang setia menemani perjalanan bisnis Anda.