Perhatikan Hal ini Sebelum Melakukan Pinjaman Dana untuk Kendaraan Anda!

Semakin hari daya konsumtif masyarakat dalam membeli kendaraan semakin besar. Salah satu penyebabnya yaitu adanya berbagai lembaga pinjaman yang menawarkan fasilitas pinjaman dana untuk kendaraan. Sehingga banyak membuat masyarakat dengan mudah tergiur untuk meminjam dana untuk membeli kendaraan tersebut.

Akan tetapi, sebelum Anda melakukan pinjaman dana untuk kendaraan, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda terhindar penyesalan di kemudian hari:

 

  • Pastikan Keadaan Keuangan Anda Cukup Baik

 

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan sebelum meminjam dana untuk kendaraan yaitu pastikan kondisi keuangan Anda cukup baik. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk pembelian kendaraan terutama mobil lumayan besar.

Ada beberapa hal terkait pembelian mobil yang wajib Anda perhatikan diantaranya yaitu biaya bahan mobil, biaya perawatan mobil, hingga biaya angsuran pinjaman mobil di setiap bulannya.

(Baca juga: Simak Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Online Gratis yang Bisa Anda Coba)

Pastikan Anda mempunyai dana yang lebih untuk membiayai segala kebutuhan mobil tersebut. Agar segala kebutuhan Anda terpenuhi, serta memperkecil risiko terjadinya keterlambatan bahkan ketidakmampuan membayar angsuran pinjaman untuk kendaraan.

 

  • Menentukan Jenis Kendaraan yang Akan Anda Beli dengan Tepat

 

Setelah Anda yakin bahwa kondisi keuangan Anda sudah begitu baik, Anda bisa memutuskan kira-kira jenis kendaraan apa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Apakah jenis mobil sedan, mobil untuk keluarga, atau jenis mobil lainnya.

 

  • Temukan Pinjaman Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu menentukan jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini ada begitu banyak lembaga peminjaman atau perbankan yang menawarkan berbagai fasilitas pinjaman dana kendaraan.

Anda bisa memilih lembaga peminjaman terbaik dengan membandingkan beberapa aspek diantaranya yaitu uang muka, besaran angsuran, serta beberapa fasilitas yang ditawarkan di tiap lembaga peminjaman masing-masing.

Ada beberapa rekomendasi perbankan yang menawarkan fasilitas pinjaman terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan diantaranya yaitu BCA Finance KPM, Mandiri Tunas Finance KPM, Adira Multifinance KPM, BFI MultiFinance KPM, BNI KPM Oto, Bank Bukopin KKB, Bank CCB Indonesia KKB, dan lainnya.

 

  • Persiapkan Persyaratan Administrasi Pengajuan Pinjaman Secara Lengkap

 

Apabila Anda telah menemukan pinjaman yang sesuai, sebaiknya Anda menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan administrasinya. Beberapa persyaratan yang umum yaitu warga negara Indonesia yang berusia antara 21 tahun hingga 55 tahun dan mempunyai pendapatan yang stabil.

Selain itu, peminjaman dapat dilakukan secara pribadi atau oleh pihak badan usaha. Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman atas nama pribadi, maka Anda wajib menyiapkan kartu identitas diri, surat keterangan gaji, salinan surat izin usaha, dan berkas-berkas lainnya.

 

  • Lakukan Riset Terkait Pinjaman Kendaraan

 

Sebelum Anda yakin untuk melakukan peminjaman dana kendaraan, lakukan riset terlebih dahulu, terutama mengenai macam-macam bunga yang meliputi bunga flat, tetap, hingga yang mengambang.

Suku bunga yang umum digunakan meminjam kendaraan adalah jenis bunga flat. Sehingga jumlah cicilan yang dibayar tetap sama sampai pelunasan. Sementara lama waktu pelunasan bisa 3 tahun hingga 5 tahun.

 

  • Cobalah Lakukan Simulasi Pinjaman Dana Kendaraan

 

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu melakukan uji coba simulasi penghitungan pinjaman dana kendaraan.  

 

  • Berikut ini contoh penghitungan simulasi pinjaman mobil:

 

Misalnya Anda ingin memiliki mobil dengan harga 300 juta.

Jangka waktu pelunasan pinjaman 2 tahun.

Syarat pemberi pinjaman dengan membayar uang muka sebesar 30 persen

Besaran bunga sebesar 4.8 persen.

Tarif pendaftaran sebesar 800 ribu.

Tarif asuransi sebesar 5 persen dari keseluruhan pinjaman.

Tarif provisi sebesar 0.5 persen.

Lalu, kira-kira berapa angsuran pertama yang wajib Anda bayar?

 

  • Penghitungan Detail Pinjaman

 

Keseluruhan dana pinjaman mobil :

Harga mobil – pembayaran pertama uang muka = Rp. 300.000.000 – Rp. 75.000.000
= Rp. 225.000.000

Tarif lain-lain yaitu meliputi tarif provisi, asuransi, dan administrasi sebesar = Rp. 1.500.000 + Rp. 15.000.000 + Rp. 800.000 = Rp. 17.300.000

Sehingga dapat disimpulkan biaya cicilan tiap bulan sebesar Rp. 225.000.000 : 24 = Rp. 9.375.000.000

Dan tarif pembayaran uang muka sebesar 30 % x Rp. 300.000.000 = Rp. 90.000.000, dan pembayaran lainnya sebesar Rp. 17.300.000

Sehingga total pembayaran di bulan pertama yang wajib Anda bayarkan yaitu Rp. 116.675.000.

 

  • Mengetahui Tata Cara Peminjaman Dana Kendaraan

 

Perhatikan alur pinjaman dana kendaraan dengan baik, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan permohonan pengajuan pinjaman ke lembaga peminjaman dengan menyerahkan semua berkas persyaratan pinjaman dengan benar dan lengkap.

Selanjutnya pihak pemberi pinjaman akan mengecek kelengkapan persyaratan pengajuan permohonan pinjaman Anda, apabila masih Ada berkas yang kurang Anda diminta untuk melengkapinya. Proses pengecekan dan verifikasi ini biasanya membutuhkan waktu paling lama 5 hari.

Apabila berkas persyaratan sudah lengkap pihak peminjam akan memverifikasi  berkas tersebut. Selanjutnya, lembaga pinjaman tersebut akan menghubungi Anda jika ternyata permohonan pengajuan pinjaman Anda telah disetujui.

INFO KTA TERPERCAYA

Selanjutnya pihak pemberi dana akan memberi biaya dana kendaraan, apabila semua persyaratan telah terpenuhi. Selanjutnya, mobil dapat dikirim ke rumah Anda dalam waktu 3 hari sampai 4 hari.

Nah, itulah alur pinjaman dana untuk kendaraan yang wajib Anda perhatikan sebelum memutuskan meminjam dana kendaraan. Pastikan Anda sudah memahaminya, sehingga proses pengajuan permohonan pinjaman kendaraan Anda bisa berjalan dengan lancar. Anda juga bisa membuka situs cekaja.com di https://cekaja.com/kredit untuk membantu Anda melakukan peminjaman kendaraan dengan benar.