4 Kiat Khusus Memilih Tenor Pinjaman Dana Online Sesuai Dengan Kebutuhan

Kebutuhan finansial yang fluktuatif terkadang memang memberatkan, terlebih apabila Anda tengah menghadapi persoalan kesehatan, pendidikan atau bisnis. Tentu pada saat-saat sulit tersebut Anda ingin mendapatkan bantuan finansial yang aman, nyaman dan terpercaya. Untuk itu, toko finansial online hadir sebagai solusi yang efisien untuk menjawab kebutuhan finansial Anda. Toko finansial online merupakan inovasi teknologi berbasis internet yang menyediakan berbagai produk dan layanan finansial mencakup investasi, asuransi, dan pinjaman. Toko finansial online hadir untuk memberikan kemudahan transaksional kepada nasabah. Tidak perlu mengantre ke bank, Anda hanya perlu ketukan jari untuk mengakses tenor pinjaman dana online lengkap. Cukup mudah memang, tak ayal jika banyak orang lebih memilik mengajukan pinjaman melalui toko finansial online dibandingkan dengan mengajukan pinjaman kepada bank secara manual.

Jika berbicara mengenai pinjaman dana, tentu kita mengenal istilah tenor atau batas waktu instalasi pinjaman. Tenor terbagi menjadi dua kategori yaitu tenor singkat atau jangka pendek dan tenor jangka panjang. Teorinya, yang dikatakan sebagai tenor jangka pendek adalah pinjaman dengan kurun waktu pengembalian kurang dari satu tahun. Sedangkan untuk tenor jangka panjang, kurun waktu pengembalian pinjaman lebih dari satu tahun. Seperti yang diketahui, waktu pengembalian pinjaman tentu menjadi salah satu aspek penting yang patut dipertimbangkan ketika Anda ingin mengajukan pinjaman melalui toko finansial online atau media lain. Hal ini disebabkan karena waktu pengembalian pinjaman akan mempengaruhi besaran bunga pinjaman yang akan dibayarkan. Oleh karena itu memilih waktu pengembalian pinjaman termasuk tenor pinjaman dana online harus berhati-hati untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Berikut akan disampaikan beberapa tips dan langkah-langkah yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jangka tenor saat Anda akan mengajukan pinjaman dana.

(Baca juga: Simak Ciri-ciri Website Jual Beli Rumah Bisnis Kos Terpercaya di Indonesia Berikut Ini!)

Pastikan Kemampuan Finansial Anda Pada Ambang Batas Aman

Saat ingin mengajukan pinjaman, kiranya hal ini menjadi hal yang krusial untuk Anda lakukan untuk mendapatkan layanan yang nyaman bagi kondisi finansial Anda. Ambang batas aman hutang yang bisa Anda miliki adalah sekitar tiga puluh lima persen dari keseluruhan penghasilan yang Anda dapatkan. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi problem keuangan yang bisa menghambat kehidupan Anda nantinya. Untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika Anda mengajukan pinjaman dana, Anda harus menghitung terlebih dahulu beban finansial yang telah Anda miliki sebelumnya. Apabila melebihi 35%, sebaiknya Anda melunasi hutang Anda terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman dana baru.

Lakukan Perhitungan Detail

Tips kedua yang bisa Anda terapkan ketika Anda akan mengajukan pinjaman dana adalah melakukan perhitungan detail mengenai opsi tenor yang ditawarkan. Hitung secara cermat berapa nominal bunga keseluruhan yang harus Anda bayarkan pada setiap opsi tenor, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Selanjutnya, bandingkan nominal yang muncul dari keduanya. Biasanya, tenor jangka pendek bunga yang dibayarkan memang lebih rendah dibandingkan dengan tenor jangka panjang. Analisa kembali kemampuan finansial yang Anda miliki setiap bulannya, apabila kemampuan finansial Anda mencukupi, tentu pengambilan tenor jangka pendek lebih disarankan karena jumlah bunga yang dibayarkan lebih kecil dibandingkan dengan tenor jangka panjang.

Pastikan Aset Untuk Jaminan Keamanan

Meskipun Anda mengajukan pinjaman dana tanpa agunan, Anda tetap harus memperkirakan aset yang Anda miliki apabila suatu hari nanti terjadi penunggakan tagihan hutang.  Dengan melakukan langkah ini, Anda akan lebih yakin terhadap keamanan pinjaman dana yang akan ajukan. Jangan sampai setelah mengajukan pinjaman kemudian terjadi penunggakan karena musibah tak terduga akhirnya Anda tidak mampu membayar cicilan pinjaman dana. Hal ini tentu merugikan diri Anda sendiri dan orang-orang sekitar. Oleh karenanya, penting untuk memastikan aset Anda bisa digunakan sebagai cadangan finansial aman untuk melunasi hutang yang akan Anda ambil.

Perhatikan Syarat Dan Ketentuan Denda Pengembalian Awal

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan selain kemampuan finansial, aset dan perhitungan bunga tenor adalah syarat dan ketentuan mengenai denda pengembalian pinjaman lebih awal. Ilustrasinya adalah jika suatu hari nanti Anda mendapatkan rezeki berlebih. Pada saat yang bersamaan Anda masih memiliki pinjaman dana dengan jangka pengembalian masih lama. Namun saat itu Anda mendapatkan rezeki melebihi jumlah hutang tersebut, tentu Anda akan menggunakan rezeki tersebut untuk melepaskan diri dari jerat hutang yang membelenggu Anda. 

Oleh karenanya, untuk berjaga-jaga jika suatu hari nanti Anda mampu melunasi hutang Anda sebelum tenor pinjaman berakhir, Anda perlu menganalisa ketentuan denda yang harus Anda bayarkan ketika hal itu terjadi. Karena setiap bank dan instansi terkait akan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Bisa jadi besaran bunga yang harus dibayarkan malah lebih besar dibandingkan dengan perhitungan bunga secara keseluruhan saat tenor pinjaman Anda habis. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengecek syarat dana ketentuan terkait hal tersebut sebelum Anda mengajukan pengajuan pinjaman dana.

PINJAMAN AMAN

Begitulah kiranya empat kiat-kiat khusus yang bisa disampaikan sebagai referensi Anda untuk memutuskan sekiranya tenor jangka pendek atau tenor jangka panjang yang Anda butuhkan perihal pengajuan pinjaman dana. Untuk informasi lebih lanjut terkait rincian tenor pinjaman dana online beserta syarat dan ketentuannya, Anda bisa mengakses https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online. Tersedia pula kalkulator pinjaman yang siap membantu Anda untuk menganalisa pinjaman bentuk apa yang sesuai dengan kebutuhan finansial Anda secara aktual.