Memiliki usaha sendiri merupakan impian dari banyak orang. Sayangnya ada beberapa kendala yang menyebabkan usaha belum bisa diwujudkan. Salah satunya adalah karena keuangan yang terbatas.

Keberadaan modal sangat diperlukan dalam bidang usaha. Tanpa adanya modal, usaha tidak bisa berdiri dan dikembangkan. Lantas bagaimana cara mendapatkan modal sesuai dengan keinginan? Salah satu caranya adalah dengan menabung atau bahkan mencari pinjaman.

Untuk mendapatkan tabungan apalagi dalam nominal yang besar, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda harus menunggu tabungan anda cukup dulu yang artinya anda harus menunggu dalam waktu yang tidak diperkirakan. Bahkan bisa saja membutuhkan waktu yang sangat lama.

Solusi selanjutnya adalah dengan melakukan pinjaman. Anda bisa mengajukan pinjaman dana tunai cepat untuk usaha anda. Pertanyaan yang selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan dana tunai tersebut?

(Baca juga: Manakah Persyaratan Pinjaman Modal Usaha yang Paling Mudah?)

Pinjaman Modal Usaha dari Bank

Jika anda tertarik untuk melakukan pinjaman di bank, tentu anda harus menyakinkan pihak bank terlebih dahulu. Anda bisa merinci sejelas-jelasnya mengenai tujuan dari usaha anda. Jelaskan jika usaha yang hendak anda kelola memiliki prospek yang bagus kedepannya.

Anda juga harus menunjukkan kesungguhan anda dalam melakukan pinjaman. Selain itu jangan lupa untuk membawa persyaratan yang pihak bank inginkan. Persyaratan dari bank satu dengan yang lain bisa saja sama atau bahkan berbeda. 

Meski demikian, ada beberapa persyaratan yang biasa diminta, seperti yang berikut ini:

 

  • KTP

 

KTP atau Kartu Tanda Penduduk sebaiknya dipenuhi ketika anda mengajukan pinjaman. KTP sendiri merupakan persyaratan untuk pengajuan pinjaman dalam bentuk apapun. Termasuk juga saat melakukan pinjaman di bank.

Jika sudah menikah, anda bisa mencamtumkan KTP pribadi beserta dengan KTP istri atau suami. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan pihak bank jika peminjaman diketahui oleh kedua belah pihak.

 

  • Fotokopi KK

 

Selanjutnya adalah fotokopi KK atau Kartu Keluarga. Syarat ini diperlukan supaya pihak bank tahu seberapa banyak beban atau anggota keluarga yang menjadi tanggungan. 

Melalui fotokopi KK, anda bisa tahu seberapa kesanggupan anda dalam melakukan angsuran nantinya. Jika ternyata tanggungan anda cukup banyak, maka bisa jadi, pihak bank akan menolak atau ragu dengan peminjaman yang anda lakukan.

 

  • Akta nikah 

 

Jika sudah menikah, anda wajib menyertakan fotokopi akta pernikahan. Akta tersebut digunakan untuk membuktikan jika harta tersebut adalah milik bersama. Sehingga harus diketahui oleh pihak suami maupun istri.

Sementara itu, jika sewaktu-waktu ada masalah dengan pinjaman, maka konfirmasi juga bisa dilakukan secara lancar.

 

  • Slip gaji

 

Slip gaji merupakan persyaratan yang sangat dipertimbangkan oleh pihak pemberi pinjaman. Dengan adanya slip gaji maka proses peminjaman akan lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, slip gaji juga berguna sebagai pertimbangan.

Jika anda memiliki pendapatan yang pas-pasan, sedangkan pinjamannya cukup besar, besar kemungkinan jika pengajuannya akan ditolak.

 

  • Buku tabungan

 

Syarat pinjaman dana tunai cepat untuk usaha dari bank yang selanjutnya adalah buku tabungan. 

Buku tabungan akan memperlihatkan bagaimana kondisi finansial anda sekarang. Adapun yang diperlukan adalah buku tabungan untuk jangka waktu 3 bulan terakhir.

Selanjutnya pihak bank akan memeriksa kelengkapan syarat yang anda miliki. Jika ada kekurangan atau ketidak sesuaian, maka ada kemungkinan jika pengajuan tidak disetujui. Namun jika tidak ditemukan masalah, bisa jadi pengajuan akan segera disetujui.

Pinjaman Modal Usaha Melalui Online

Selain melakukan pinjaman di bank, anda juga bisa melakukan pinjaman secara online. Peminjaman secara online biasanya memiliki persyaratan yang lebih mudah jika dibandingkan anda meminjam dari bank.

Selain itu, penyedia pinjaman online juga cukup banyak dan mudah untuk ditemukan melalui gadget yang anda miliki. Namun, ada baiknya untuk berhati-hati serta tidak sembarangan mengajukan pinjaman pada setiap kreditur online yang anda temui.

Ada beberapa tips pengajuan pinjaman dana tunai cepat untuk usaha secara online yang sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu.

 

  • Carilah perusahaan yang terpercaya

 

Langkah pertama adalah dengan mencari perusahaan mana yang terpercaya. Jangan sampai anda mencari penyedia pinjaman secara sembarangan hingga berakhir pada penipuan. 

Untuk hal ini, akan lebih baik jika anda mencari perusahaan yang terdaftar secara resmi.

 

  • Teliti suku bunganya

 

Penting bagi anda untuk mengecek nilai suku bunganya. Akan lebih baik jika anda memilih perusahaan yang menawarkan suku bunga terendah. Dengan demikian, angsuran per bulan yang harus dibayarkan, tidak terlampau besar.

Selain itu pastikan juga berapa biaya administrasi berikut dan denda untuk pembayaran yang terlambat. Tanyakan juga apakah ada pinalti pembayaran dipercepat serta jumlahnya. 

 

  • Persyaratan

 

Berbeda dengan persyaratan yang diajukan oleh pihak bank. Syarat mengajukan pinjaman untuk modal usaha secara online lebih mudah. 

Meski demikian, anda tetap harus waspada jika persyaratan yang diminta tidak masuk akal. Sebagai contoh, ada pertanyaan mengenai data yang rahasia seperti berapa nomor PIN untuk akses kartu finansial anda.

Selain itu waspadai juga pada mereka yang meminta adanya uang muka untuk pencairan dana pinjaman.

INFO KEUANGAN DI BLOG TORTDECOR

Pengajuan pinjaman dana tunai cepat untuk usaha bisa diperoleh dari berbagai penyedia keuangan online. Meski demikian, tidak semua perusahaan penyedia pinjaman tersebut terpercaya.

https://www.cekaja.com/kredit merupakan salah satu penyedia pinjaman online terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Ada banyak produk finansial yang bisa anda temukan di situs ini termasuk juga untuk modal usaha. Disini juga dilengkapi dengan proses pengajuan yang mudah serta proses yang cepat. Hal ini tentu menguntungkan pihak peminjam.